Rahasia Mengapa Harga Perangkat Xiaomi Sangat Murah

Banyak orang yang bertanya Kenapa Perangkat / Device Besutan Xiaomi Selalu laku di pasaran? Kenapa Smatphone Xiaomi dengan Spesifikasi mumpuni dijual dengan harga terjangkau.

Xiaomi singkat semenjak didirikan pada 2010, hingga menjadi pabrikan ponsel ketiga terbesar di Tiongkok dan 2015 Xiaomi menduduki peringkat keempat sebagai produsen smartphone terbesar di dunia sebuah pencapaian yang bisa terbilang cepat, Mengapa bisa begitu? Berikut Rahasia Mengapa Harga Perangkat Xiaomi Bisa Murah.

Kerja sama dengan para penyuplai komponen (hardware)

Hugo Bara yang menjabat sebagai Vice President Xiaomi. “Kami punya hubungan yang sangat baik dengan para penyuplai komponen (hardware),” ujar mantan bos Google tersebut. Dengan begitu, Xiaomi bisa mendapat pasokan komponen dengan harga lebih miring, Tentunya bukan hanya dekat dengan Qualcomm, Xiaomi juga sangat dekat dengan produsen layar dan komponen lainnya.

Mengambil Sedikit Keuntungan

Hugo Barra (Vice President Global, Xiaomi) mengatakan Xiaomi tidak mengambil untung dari penjualan smartphone karena konsep bisnis Xiaomi adalah mencari pendapatan yang berulang-ulang (recurring revenue) selama beberapa tahun, bukan mencari untung dengan cepat lewat margin keuntungan smartphone yang dijual (selisih ongkos produksi dan harga jual).

“Kami menjual perangkat dengan harga tak jauh dari biaya produksi. Selama perangkat tersebut dijual, biaya komponen akan turun. Ketika kapasitas produksi meningkat, kami mendapatkan sedikit keuntungan dari situ,” ucap Barra.

Jarang Beriklan

Xiaomi tidak melakukan mengiklankan produknya secara besar-besaran Xiaomi lebih mengandalkan Sosial Media dan Mi Fans untuk mempromosikan produknya tersebut.

Di sektor penjualan, Xiaomi menggunakan e-commerce seperti Flipkart, Amazon, Snapdeal dan pada awalnya Xiaomi dijual secara online melalui Lazada untuk penjualan online-nya, serta menggunakan beberapa toko seperti Mobile Store dan Airtel Store untuk penjualan offline-nya.

Pasar Potensial

Memang tidak banyak cakupan produk Xiaomi, tapi mereka menyasar negara yang potensial, seperti Indonesia, sebagian besar Asia Tenggara, India, Brazil, Rusia, dan Meksiko. Dengan mengekspor produk ke luar negeri, pendapatan Xiaomi menjadi lebih banyak.

Rekomendasi :