Begini Cara Meningkatkan RAM Smartphone Android

Sudah bukan hal yang terdengar asing lagi bahwa kebanyakan ponsel yang di gunakan saat ini berbasis android. Android sendiri di sinyalir merupakan OS smartphone yang saat ini keberadaannya banyak digandrungi oleh para pengguna gadget mobile. Semua pengguna teknologi baik muda hingga tua sudah bisa menikmati OS Android.

Android ini mempunyai tampilan yang sangat fleksibel dengan tampilan yang user interface, friendly dan tentu tidak ribet ketika di gunakan. Android ini juga dapat memasangkan segala jenis aplikasi dan menjalankan game sesuai dengan performa masing-masing smartphone.

Untuk bisa menjalankan semua perintah aplikasi mulai dari aktifitas browsing, chatting dan bermain game tentu performa dan kinerja dari smartphone itu sendiri sangatlah berpengaruh. Dalam hal, performa android berhubungan langsung dengan RAM smartphone yang ternyata bisa di tambah kapasitasnya guna meningkatkan performa dari smartphone itu sendiri. Lalu bagaimana cara meningkatkan RAM smartphone Android anda?

Kebanyakan dari anda pastinya bertanya-tanya mengenai langkah apa saja yang harus di lakukan guna menambah kapasitas RAM smartphone tanpa harus melalui proses Root, dengan menggunakan memori eksternal atau dengan menggunakan aplikasi android berbasis penambah performa RAM. Berikut ini, terdapat cara meningkatkan RAM smartphone Android yang aman yang bisa di terapkan pada ponsel Samsung, Xiaomi, Lenovo, Evercross, Sony, LG, Smaartfren, Huawei dan Asus Zenfone.

Jika di tinjau lebih lanjut mengenai kondisi masyarakat yang gemar melakukan akses social media secara intens, membuat kebanyakan orang menginginkan barang yang memilki harga yang terjangkau namun berkualitas yang bagus. Hal ini banyak di jumpai dari banyaknya provider smartphone dengan perbandingan 100 di banding 10 yang mampu menyediakan keinginan tersebut. Karena memang, kualitas yang bagus tentunya diimbangi dengan komponen yang lebih mumpuni yang tidak akan di jual dengan harga yang murah.

Hal itu juga berlaku pada kapasitas RAM yang keberadaannya saat ini masih memilki kapasitas yang kecil seperti 512 mb atau hanya 1 gb. Hal tersebut tentu membuat aplikasi yang diunduh sangatlah terbatas. Kecilnya kapasitas RAM tersebut, ternyata berdampak pada kinerja dan performa smartphone itu sendiri. Tak heran, kebanyakan smartphone berkapasitas kecil akan berjalan lambat.

Terdapat dua trik sebagai cara meningkatkan RAM smartphone Android, di antaranya yaitu :

1. RAM Optimizer

Cara meningkatkan RAM smartphone Android yang pertama yakni menggunakan RAM Optimizer yang di lakukan dengan memasukan script RAM optimizer pada android. Adapun fungsi dari script tersebut yaitu untuk menambah dan mengatur proses penggunaan aplikasi supaya tidak boros pada saat pemakaian meskipun membuka banyak aplikasi pada saat bersamaan.

Aplikasi yang di gunaan adalah Aplikasi RAM Manager yang merupakan APK aplikasi untuk menambah kapasitas android. Saat android anda sudah mampu melakukan akses root, ternyata ketika menggunakan aplikasi ini kecepatan kinerja android anda akan menjadi lebih optimal. Berikut langkah download di playstore yang bisa anda lakukan:

  • Balance : untuk Create atau membuat RAM anda supaya mendapatkan performa terbaik.
  • Clean memory : membersihkan cache memory pada RAM
  • Hard Giming : membantu menstabilkan RAM Androd untuk bermain online dan offline dengan daya kapasitas tinggi
  • Memory grap : untuk menampilkan informasi dari memory internal dan eksternal pada android.

2. Via Aplikasi Smart Booster

  • Pertama, anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi Smart Booster di Playstore
  • Setelah terisntal, anda bisa membuka aplikasi Smart Booster yang sudah berhasil terdownload tadi. Untuk memulai pelepasan RAM, anda bisa mengklik ikon bergambar roket.
  • Untuk melepaskan RAM yang lebih banyak, anda bisa masuk ke menu setting kemudian pilih RAM Booster setelah itu anda bisa mengubahnya menjadi Boost Level yang aggressive
  • Masih pada menu RAM Boost, kemudian anda bisa mencentang boost when screen off dan ubah menjadi delay to boost when screen off menjadi immediately. Supaya KMJ tidak melakukan pelepasan RAM secara terus menerus, centanglah Boost Automatically dan ubah menjadi Threshold (MB) menjadi 100 (MB).
  • Jika smartphone sudah dalam keadaan root, maka anda bisa masuk pada menu Experimental kemudian centang Root RAM Booster untuk melakukan tambahan pelepasan RAM.

Itulah 2 cara sebagai cara meningkatkan RAM smartphone Android agar tidak lemot lagi. Selamat mencoba.

Rekomendasi :